SALAM GUBUG LOVER...BERBUAT NYATA MESKI SEKECIL APAPUN

Saturday, March 25, 2017

Kapal Angkut Semen Curah IrianaTerbesar Di Indonesia Lebih Canggih Dari Jepang



Teknologi kapal Iriana sama dengan yang digunakan oleh Jepang sebagai negara pertama yang menerapkannya, namun buatan Indonesia lebih canggih karena mampu menghemat bahan bakar lebih besar.

Indonesia memiliki kapal angkutan semen curah terbesar dengan teknologi electric propulsion pertama dibangun di Indonesia oleh PT Sumber Marine Shipyard. Kapal ini dibuat pertamakali menggunakan teknologi terbaru electric propulsion yang seluruhnya dibuat di dalam negeri. Hampir semua komponen kapal menggunakan produk dari dalam negeri

Teknologi di jepang dilakukan dgn saving energi sekitar 10 persen, di sini bisa rencananya 20 persen," kata dia, tentang kapal berkapasitas 10.000 tonase bobot mati (deadweight tonnage) tersebut. Kapal dengan spesifikasi panjang 117 meter, lebar 25,5 meter, tinggi 7,9 meter, kedalaman ke air 6,3 meter, dan kecepatan 10 knot tersebut dikerjakan oleh putra putri Indonesia.

Kapal ini dibuat sejalan dengan langkah pemerintah yang menempatkan sektor maritim sebagai salah satu program prioritas dalam pembangunan nasional, termasuk juga di dalamnya adalah pengembangan industri galangan kapal. Melalui visi kemaritiman, saat ini pemerintah berupaya agar sektor industri galangan kapal nasional mempunyai daya saing di tingkat global. 

Pemerintah semakin serius untuk memperkuat sektor kelautan dalam negeri dengan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Salah satu program utama untuk mencapai target tersebut adalah program pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, melalui pembangunan tol laut, deep seaport, logistik, dan industri perkapalan. Visi kemaritiman memberikan peluang bagi industri galangan kapal nasional untuk terus tumbuh karena program tersebut mampu meningkatkan jumlah kebutuhan armada kapal di pasar domestik.

*)KILG News, Sumber Linimasa-Heri Sis 25/03/2017




No comments:

Post a Comment